Kadang kita kesulitan ketika mau menggunakan rumus vlookup/hlookup atau rumus “if” kalau data yg kita jadikan referensi bermasalah, di sini saya akan contohkan kalau misal data yg kita referensikan mengandung spasi di dalamnya. biasanya itu terjadi kalau kita paste dari source lain, bisa dari email, atau bisa dari data yg kita tarik dr software lain misal ERP dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelas, coba perhatikan kasus pada gambar berikut:

trim

Perhatikan cell C2 – C10, disana saya ingin lookup produk group dengan sumber data di kolom G dan H, rumusnya seperti tertera di formula bar C2 = =VLOOKUP(B2,$G$2:$H$13,2,0) tapi hasilnya error #N/A. Ternyata begitu kita lihat data di cell B2 – B10, semua data itu mengandung spasi yg menyebabkan karakternya ngga sesuai dengan data sumber lookup di kolom G. misalnya pas kata “Anggur”, di depannya ada 2 spasi sebelum huruf A. begitu pula kata ‘Ubi’, di belakang setelah huruf i ada spasi 3 kali.

Untuk menyelesaikanya kita bisa gunakan formula atau fungsi TRIM. Manfaat dari fungsi TRIM ini adalah untuk mengeliminasi spasi sebelum atau sesudah kata atau susunan kata. Ingat ya, sebelum dan sesudah artinya kalau ada spasi di tengah-tengah kata, itu tidak akan hilang spasinya dengan fungsi TRIM ini.

Coba lihat hasilnya seperti gambar di bawah ;

trim2

perhatikan formula bar di atas, cell C2 di TRIM terlebih dahulu sebelum di vlookup-kan. Formulanya jadi C2 =VLOOKUP(TRIM(B2),$G$2:$H$13,2,0).

Advertisements