Prinsip akrual adalah konsep dimana Anda mencatat transaksi akuntansi pada periode di mana mereka benar-benar terjadi, bukan periode di mana arus kas yang berhubungan dengan mereka terjadi. Prinsip akrual merupakan persyaratan dasar bagi semua kerangka akuntansi keuangan (accounting frameworks).

Contoh penggunaan yang tepat dari prinsip akrual adalah:

  1. Catatlah penjualan ketika Anda menerbitkan faktur penjualan kepada customer, bukan pada saat pelanggan membayar Anda.
  2. Catatlah beban / expense ketika Anda dikenakan (di-charges) itu, bukan ketika Anda membayar untuk itu.
  3. Catatlah / cadangkanlah perkiraan jumlah piutang tak tertagih (bad debt expense) ketika Anda terbitkan faktur pelanggan, bukan ketika menjadi jelas bahwa pelanggan tidak membayar utangnya.
  4. Catatlah komisi pada periode ketika salesman mendapatkan itu, bukanya  dicatat ketika benar-benar anda membayar itu pada si salesman.

Bila diterapkan dengan benar, prinsip akrual memungkinkan Anda untuk mengumpulkan semua informasi pendapatan dan beban untuk periode akuntansi, tanpa distorsi dan penundaan yang disebabkan oleh arus kas yang berasal dari periode dimana semua transaksi keuangan itu terjadi.

Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita membayar listrik pada PLN. Dalam hal ini, kita semua tahu bahwa pemakain listrik pada bulan bersangkutan akan ditagih di bulan selanjutnya. Contoh untuk pemakaian bulan maret maka tagihanya akan keluar bulan april. Dalam hal ini kita harus menggunakan pronsip akrual. Misal, untuk pembayaran bulan maret, memang kita tidak punya data yg valid berapa accrual yg harus kita jurnal. Dalam hal ini kita bisa berkaca dari actual bulan februari, karena biasanya kalau pemakain listrik itu relativ stabil setiap bulan. Contoh, invoice listrik ketika februari adalah 5.000.000 maka kita bisa accrue sebesar 5.000.000 di bulan maret. Begitu aktualnya datang di bulan april, maka jurnal yg sudah diinput di bulan maret itu akan direverse di bulan april dan akan menjurnal actual expensenya di april itu.

Advertisements