27 Januari 2015,

Kalau dulu, beberapa tahun lalu lah, sewaktu masih sekolah / kuliah saya masih bisa untuk olahraga sekedar lari pagi dari kosan ke gasibu atau taman monumen depan unpad. Tapi sekarang, begitu udah berumah tangga, udah kerja dan udah punya anak berasa berat banget yg namanya mau olahraga. malasnya itu lho.. ampuun deh, malas banget. Ya gitu, akibatnya sekarang, badan jadi gemuk dan berat badan udah dalam lingkaran obesitas.

Alih-alih buat olahraga lari atau joging, saya malah pilih untuk olahraga skipping saja, itupun jarang dilakuin juga. dasar malesnya itu lho.. nomor 1. padahal segudang manfaat dari skipping itu sendiri diantaranya ;

  • membakar sejumlah kalori, olahraga skipping yg dilakukan minimal 30 menit bisa membakar kalori sebanyak  700 – 800 kalori. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi yg ingin diet, tapi dengan 1 catatan ya – rutin dan teratur.
  • melatih kekuatan otot terutama, lengan, bahu, dada, betis dan otot lutut. Dan ini akan memberikan dampak yg bagus buat tubuh kita.
  • meningkatkan stamina, kelenturan tubuh serta keseimbangan tubuh karena ketika melakukan skipping gerak tubuh kita akan merespon bagimana bergerak supaya bisa melompati tali yg selalu berputar.
  • mengurangi resiko osteopororis – Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Osteoporosis Society di Inggris diketahui bahwa olahraga lompat tali atau skipping yang dilakukan rutin selama masa hidup seseorang akan membuat orang tersebut memiliki resiko yang kecil untuk mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dan, olahraga lompat tali akan melindungi dirinya dalam melawan osteoporosis. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka Kamu bisa melakukan lompat tali 2 sampai 5 menit setiap harinya

Jadi tunggu apalagi, bagi yg males buat jogging atau lari pagi, mari kita skipping saja.

referensi : http://doktersehat.com/manfaat-olahraga-lompat-tali-skipping/

Advertisements