Laut mati sebenarnya adalah sebuah danau yg lumayan besar terletak antara daratan negara israel, palestina dan yordania. Uniknya, karena laut mati ini berada di antara daratan, maka tidak ada tempat pembuangan air laut itu ke samudera jadi satu-satunya cara pembuangan air laut itu adalah dengan cara penguapan alami dari radiasi sinar matahari. Nah, selain itu sumber air utama dari laut mati adalah air dari pegunungan yordania.

Laut mati adalah titik terendah di daratan bumi dengan ketinggian mencapai 400 m di bawah permukaan laut. Ingat ya, titik terendah di daratan, bukan di bumi secara luas karena titik terendah di bumi adalah Challenger Deep di Palung Mariana di Samudra Pasifik dengan kedalaman 11.000 m di bawah permukaan laut.

Danau itu dinamakan laut mati karena tidak ada mahluk hidup yg bisa bertahan di sana dikarenakan kadar garam yg sangat tinggi mencapai 30% atau 10 kali lipat kadar perairan laut yg biasanya mencapai 3% sampai 4%. Makanya di sana itu kita kalau kita berenang maka pasti akan mengambang karena masa jenis air itu lebih tinggi dari masa jenis manusia.

sumber : wikipedia

Advertisements